Home / Umum / ANALISIS NISBAH KEUANGAN BERBASIS LK PEMERINTAHAN (RATIO ANALYSIS)

ANALISIS NISBAH KEUANGAN BERBASIS LK PEMERINTAHAN (RATIO ANALYSIS)

PENDAHULUAN

Pada suatu pertemuan menjelang akhir tahun 2018  antara BPK dengan KSAP, BPK bertanya; apakah terdapat upaya dan pemikiran KSAP untuk pedoman tafsir dan analisis LK untuk  memetik nilai tambah informasi dari LK berbasis SAP, terkait komponen-komponen LK, terutama berbentuk elaborasi dan tafsir informasi termaktub dalam Laporan Realisasi Anggaran (LRA), selaras Penjelasan Pasal 30 dan 31 Undang-Undang 17 tahun 2003 yang menyatakan; bahwa tugas LRA selain menyajikan informasi pendapatan dan belanja, LRA juga menjelaskan prestasi kerja kementerian negara, lembaga, dan satuan kerja perangkat daerah dan badan lainnya.

Dibawah ini adalah hasil penelitian maya bersifat pendahuluan, sehingga belum menjawab secara baik amar UU 17 tahun 2003 tersebut. Makalah sebagai lemparan bola pertama, mohon disambut untuk mencari jawaban atas permintaan UU tersebut, dalam kerjasama penelitian BPK dan KSAP, mungkin sepanjang tahun 2019.

ANALISIS NISBAH KEUANGAN

Nisbah keuangan atau financial ratio merupakan sebuah teknik akbar dalam analisis Laporan Keuangan, terdiri atas  common-size ratiostrend ratios dan individual ratio analysis.

Ratio adalah sebuah perbandingan dua hal, dan dari perbandingan tersebut didapatlah pemahaman yang lebih baik dan lebih mendalam tentang berbagai hal yang ingin diketahui analis Laporan Keuangan.

Analisis Laporan Keuangan menggunakan LK sebagai dasar analisis, analis tidak menggunakan informasi lain di luar LK. Sebagai misal, pertumbuhan GDP dan Income Percapita, jumlah penduduk, luas pemda bukan hasil proses akuntansi berbasis SAP yang bermuara pada sebuah LK, karena itu bukan unsur sah LK Pemerintahan dan bukan bahan baku analisis LK.

Berbagai PSAP boleh jadi memberi ilustrasi atau contoh komponen neraca berupa pos-pos, aset, pos-pos utang atau liabilitas dan pos-pos dalam rumpun ekuitas. Pos tersebut dapat diharapkan tampil pada berbagai neraca pemerintahan, sehingga pos tersebut dapat digunakan sebagai bahan analisis nisbah.

Sama saja, contoh Laporan Operasional, LRA, LAK, dan Laporan Perubahan Ekuitas pada SAP menggambarkan pos-pos yang kemungkinan besar terdapat pada setiap komponen LK tersebut,  sehinga analisis pos tertentu dapat dicadangkan sebagai butir-butir yang akan dianalisis. Selengkapnya . . .

Sumber : Web KSAP

Check Also

Indonesia sharing pengalaman penerapan Balance Sheet Approach kepada perwakilan 9 Negara di International Monetary Fund (IMF) Singapore Training Institute

Setelah dunia ditimpa berbagai krisis global, negara-negara di dunia, terutama negara G-20 menyadari pentingnya Neraca …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *