NO URUT
DESKRIPSI
BUKTI DOKUMEN
STATUS
LINK DOKUMEN
I
MANAJEMEN PERUBAHAN
1.1
Tim Kerja
1.1.1
Apakah unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas?SK Tim Zona IntegritasAdaKlik
1.1.2
Apakah penentuan anggota Tim selain pimpinan dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas?Notulen dan daftar hadir rapat pembentukan anggota tim ZIAdaKlik
1.2
Dokumen Rencana Pembangunan Zona Integritas
1.2.1
Apakah ada dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM ?Dokumen Rencana Pembangunan ZI (lima tahunan dan tahunan) yang memuat target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBMAdaKlik
1.2.2
Apakah dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM?Dokumen Rencana Pembangunan ZI (lima tahunan dan tahunan) yang memuat target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBMAdaKlik
1.2.3
Apakah terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM ?Media sosialisasi/laporan kegiatan sosialisasi (notulen, daftar hadir)In ProgressKlik
1.3
Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM
1.3.1
Apakah seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana?Laporan pelaksanaan pembangunan ZI

In ProgressKlik
1.3.2
Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona IntegritasLaporan monev pembangunan ZI (bulanan/triwulanan/ semesteran/tahunan)In ProgressKlik
1.3.3
Apakah hasil monitoring dan evaluasi telah ditindaklanjuti?Laporan tindak lanjut monev pembangunan ZIIn ProgressKlik
1.4
Perubahan pola pikir dan budaya kerja
1.4.1
Apakah pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM?Bukti keteladanan pimpinan, misal bukti pengisian daftar hadir.Belum Ada DokumenKlik
1.4.2
Apakah sudah ditetapkan agen perubahan?SK Agen Perubahan (Reformasi Birokrasi)Belum Ada DokumenKlik
1.4.3
Apakah telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi?Laporan pelaksanaan pembangunan budaya kerja dan pola pikir (sosialisasi/pelatihan (notulen, daftar hadir, materi))In ProgressKlik
II
PENATAAN TATALAKSANA
2.1
Prosedur operasional tetap (SOP) kegiatan utama
2.1.1
Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansiPeta proses bisnis dan daftar SOPAdaKlik
2.1.2
Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkanHasil observasi pelaksanaan SOPAdaKlik
2.1.3
Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasiLaporan evaluasi pelaksanaan SOP dan tindak lanjutnya.In ProgressKlik
2.2
E-OfficeKlik
2.2.1
Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi?Sistem pengukuran kinerja berbasis IT (screenshot sistem)

AdaKlik
2.2.2
Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi?Sistem manajemen SDM berbasis IT (screenshot sistem)AdaKlik
2.2.3
Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi?Sistem pelayanan publik berbasis IT (screenshot sistem)AdaKlik
2.2.4
Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik?Laporan monev pemanfaatan IT untuk pengukuran kinerja, manajemen SDM, dan pelayanan publik (bulanan/triwulanan/ semesteran/tahunan)In ProgressKlik
2.3
Keterbukaan Informasi Publik
2.3.1
Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkanKebijakan keterbukaan informasi publik secara tertulis (minimal memuat; apa saja yang akan diunggah kepada masyarakat, kapan akan diupdate, siapa yang mengupdate)In ProgressKlik
2.3.2
Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publikLaporan monev kebijakan keterbukaan informasi publikIn ProgressKlik
III
PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
3.1
Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi
3.1.1
Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan?Dokumen rencana kebutuhan pegawai yang mengacu Peta Jabatan dan Analisis Beban KerjaIn ProgressKlik
3.1.2
Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan?Hasil observasi penempatan pegawai yang mengacu pada rencana kebutuhan pegawaiAdaKlik
3.1.3
Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja?Laporan monev penempatan pegawai hasil rekrutmenAdaKlik
3.2
Pola Mutasi Internal
3.2.1
Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan?Dokumen rotasi/mutasi pegawai (SK)AdaKlik
3.2.2
Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan?Hasil observasi pelaksanaan rotasi/mutasi apakah rotasi/mutasi memperhatikan kompetensi jabatan, mengikuti pola mutasi dan ada petimbangan unit keja (SK rotasi terakhir)In ProgressKlik
3.2.3
Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja?Laporan monev kegiatan rotasi/mutasiIn ProgressKlik
3.3
Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi
3.3.1
Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi?Dokumen kebijakan pengembangan kompetensi (training need analysis) yang mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai (standar kompetensi).In ProgressKlik
3.3.2
Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai?Dokumen kebijakan pengembangan kompetensi (training need analysis) yang mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai (standar kompetensi).In ProgressKlik
3.3.3
Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatanDokumen kebijakan pengembangan kompetensi (training need analysis) yang mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai (standar kompetensi).In ProgressKlik
3.3.4
Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya.Daftar peserta pelatihan dan pengembangan kompetensi lainnyaAdaKlik
3.3.5
Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll)?Daftar peserta pelatihan dan pengembangan kompetensi lainnyaAdaKlik
3.3.6
Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja?Laporan hasil monev pengembangan kompetensi (bulanan/triwulanan/ semesteran/tahunan)In ProgressKlik
3.4
Penetapan kinerja individu
3.4.1
Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasiDokumen SKP secara periodik (bulanan/triwulanan/ semesteran/tahunan)AdaKlik
3.4.2
Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnyaDokumen SKP secara periodik (bulanan/triwulanan/ semesteran/tahunan)AdaKlik
3.4.3
Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodikDokumen SKP secara periodik (bulanan/triwulanan/ semesteran/tahunan)AdaKlik
3.4.4
Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll).Bukti pemberian reward atas hasil penilaian kinerja individuAdaKlik
3.5
Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai
3.5.1
Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikanLaporan pelaksanaan penegakan disiplin/kode etik/kode perilakuAdaKlik
3.6
Sistem Informasi Kepegawaian
3.6.1
Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala.Laporan pemutakhiran data informasi kepegawaian (bulanan/triwulanan/ semesteran/tahunn)AdaKlik
IV
PENGUATAN AKUNTABILITAS
4.1
Keterlibatan Pimpinan
4.1.1
Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan PerencanaanNotulen dan daftar hadir kegiatan penyusunan perencanaan yang dihadiri pimpinanIn ProgressKlik
4.1.2
Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja?Notulen dan daftar hadir kegiatan penyusunan penetapan kineja yang dihadiri pimpinanIn ProgressKlik
4.1.3
Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala?Laporan pemantauan kinerja oleh pimpinan secara berkala (notulen rapat pimpinan)In ProgressKlik
4.2
Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja
4.2.1
Apakah dokumen perencanaan sudah ada?Dokumen Perencanaan (Renstra, RKT, dan Penetapan Kinerja) yang berorientasi hasil dan memiliki IKU dengan indikator kinerja telah SMARTAdaKlik
4.2.2
Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasilDokumen Perencanaan (Renstra, RKT, dan Penetapan Kinerja) yang berorientasi hasil dan memiliki IKU dengan indikator kinerja telah SMARTAdaKlik
4.2.3
Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU)Dokumen Perencanaan (Renstra, RKT, dan Penetapan Kinerja) yang berorientasi hasil dan memiliki IKU dengan indikator kinerja telah SMARTAdaKlik
4.2.4
Apakah indikator kinerja telah SMARTDokumen Perencanaan (Renstra, RKT, dan Penetapan Kinerja) yang berorientasi hasil dan memiliki IKU dengan indikator kinerja telah SMARTAdaKlik
4.2.5
Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktuLaporan KinerjaIn ProgressKlik
4.2.6
Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerjaLaporan KinerjaIn ProgressKlik
4.2.7
Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerjaLaporan kegiatan peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerjaIn ProgressKlik
4.2.8
Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten"Daftar SDM yang menangani pengelolaan akuntabilitas kinerja"In ProgressKlik
V
PENGUATAN PENGAWASAN
5.1
Pengendalian Gratifikasi
5.1.1
Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasiMedia sosialisasi/public campaign tentang pengendalian gratifikasi secara berkalaAdaKlik
5.1.2
Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikanLaporan penanganan/ pengendalian gratifikasiIn ProgressKlik
5.2
Penerapan SPIP
5.2.1
Telah dibangun lingkungan pengendalianLaporan penerapan SPIP terkait dengan lingkungan pengendalianAdaKlik
5.2.2
Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakanPeta risikoAdaKlik
5.2.3
Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasiLaporan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risikoAdaKlik
5.2.4
SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkaitMedia informasi penerapan SPIP/laporan kegiatan sosialisasi SPIP (notulen, daftar hadir)In ProgressKlik
5.3
Pengaduan Masyarakat
5.3.1
Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan Kebijakan penanganan pengaduan masyarakat secara tertulis/Unit pengaduan masyarakatAdakah ?Klik
5.3.2
Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti Laporan penanganan pengaduan masyarakatIn ProgressKlik
5.3.3
Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakatLaporan monev pengaduan masyarakatIn ProgressKlik
5.3.4
Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti Laporan tindak lanjut monev pengaduan masyarakatIn ProgressKlik
5.4
Whistle-Blowing System
5.4.1
Apakah Whistle Blowing System sudah di internalisasi ?Internalisasi Whistle Blowing System (system WBS)In ProgressKlik
5.4.2
Whistle Blowing Systemtelah diterapkanKebijakan Whistle Blowing System secara tertulis/Unit pengelola WBSIn ProgressKlik
5.4.3
Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing SystemLaporan monev WBSIn ProgressKlik
5.4.4
Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjutiLaporan tindak lanjut monev WBSIn ProgressKlik
5.5
Penanganan Benturan Kepentingan
5.5.1
Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utamaKebijakan penanganan benturan kepentingan secara tertulisIn ProgressKlik
5.5.2
Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasiMedia informasi/laporan sosialisasi penanganan benturan kepentingan (notulen, daftar hadir)In ProgressKlik
5.5.3
Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikanLaporan penanganan benturan kepentinganIn ProgressKlik
5.5.4
Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan KepentinganLaporan monev benturan kepentinganIn ProgressKlik
5.5.5
Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjutiLaporan tindak lanjut monev benturan kepentinganIn ProgressKlik
VI
PENINGKATA KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
6.1
Standar Pelayanan
6.1.1
Terdapat kebijakan standar pelayananKebijakan standar pelayanan secara tertulisAdaKlik
6.1.2
Standar pelayanan telah dimaklumatkanMedia sosialisasi/laporan kegiatan sosialisasi standar pelayananIn ProgressKlik
6.1.3
Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayananSOP PelayananAdaKlik
6.1.4
Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOPLaporan review standar pelayananAdaKlik
6.2
Budaya Pelayanan Prima
6.2.1
Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan PrimaLaporan sosialisasi/pelatihan budaya pelayanan prima (notulen, daftar hadir peserta, dan materi)In ProgressKlik
6.2.2
Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media Media informasi layanan (papan pengumuman, website)In ProgressKlik
6.2.3
Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standarKebiajakan pemberian pelayanan secara tertulis (reward dan punishment)In ProgressKlik
6.2.4
Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasiTerdapat sarana/unit layanan terpaduIn ProgressKlik
6.2.5
Terdapat inovasi pelayananTerdapat sarana/unit layanan terpaduIn ProgressKlik
6.3
Penilaian kepuasan terhadap pelayanan
6.3.1
Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayananHasil survey kepuasan masyarakat terhadap layanan secara berkalaAdaKlik
6.3.2
Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbukaMedia untuk akses hasil survey kepuasan masyarakatIn ProgressKlik
6.3.3
Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakatLaporan tindak lanjut hasil survey kepuasan masyarakatIn ProgressKlik
updateby Papeda Timur14 April 2021Pukul 02.19 WIT

1. Dokumen Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas.

2. SK Agen Perubahan (Reformasi Birokrasi)

3. Dokumen budaya kerja dan pola pikir di FEB

4. Sosialisasi ZI di lingkungan FEB.

1. SOP; Observasi dan evaluasi SOP

2. Sistem Pengukuran Kinerja Berbasis IT

3. Operasionalisasi manajemen SDM menggunakan IT

4. Monev terhadap pemanfaatan IT

5. Kebijakan keterbukaan informasi

1. Analisa beban kerja (Dosen dan Staff) – (Notulen, foto, daftar hadir dan hasil analisa) 1

2. Dokumen rencana kebutuhan pegawai

3. Laporan ovservasi dan monev penempatan hasil rekrutment

4. Dokumen rotasi/mutasi (SK Tim Baperjakat)

5. SK Pola mutasi internal

6. Laporan observasi, monev kegiatan mutasi 2

7. Analisa kebutuhan training/diklat – (Notulen, foto, daftar hadir dan laporan hasil analisa) 3

8. Rencana pengembangan kompetensi dosen dan staff

9.  Daftar pelatihan dan pengembangan kompetensi dosen dan staff

10. Laporan monev pengembangan kompetensi  4

11. Dokumen SKP periodic (bulanan, triwulan, semester, tahunan)

12. Bukti pemberian rewards atas penilaian kinerja individu (SK Pemberian Rewards, Penghargaan satya lencana)

13. SK Kode Etik Dosen dan Staff dan laporan pelaksanaan (SK pengawas absensi, daftar hadir, dll) 5

14. Laporan updating data dosen dan staff (SISTER dan SIAKAD)

1. Notulen dan daftar hadir kegiatan penyusunan perencanaan dan penyusunan penerapan kinerja (termasuk pimpinan)

2. Laporan pemnatauan kinerja oleh pimpinan

3. Renstra, RKT, dan penetapan kinerja

4. Laporan Kinerja

5. Daftar SDM yang menangani akuntabilitas kinerja

6. Laporan kegiatan peningkatan kapasitas SDM yg menangani akuntabilitas kinerja

1. Media sosialisasi pengendalian gratifikasi (banner dan dimasukan dalam website) -WEBSITE FEB

2. Laporan penanganan/pengendalian gratifikasi

3. SK SPI terkait lingkungan pengendalian

4. Laporan assessment atas penilaian risiko

5. Laporan kegiatan SPI

6. Media informasi penerapan SPI (pemasangan CCTV)

7. Media pengaduan masyarakat dan whistle blowing system (dimasukan dalam WEBSITE FEB)

8. Laporan monev dan tindak lanjut pengaduan masyrakat dan whistle blowing system

9. Dokumen kebijakan penanganan benturan kepentingan secara tertulis

10. Media informasi/Sosialisasi (WEBSITE FEB)

11. Laporan kegiatan, monev, dan tindak lanjut

1. SOP akademik dan administrasi dan maklumat (editing)

2. Media sosiliasasi SOP tsb (WEBSITE FEB)

3. Laporan review SOP

4. Dokumen budaya pelayanan prima, beserta rewards/sanksi

5. Media sosialisasi budaya pelayanan prima (WEBSITE FEB)

6. Layanan terintegrasi/terpadu

7. Survey kepuasan masyarakat

8. Media utk akses hasil survey (WEBSITE FEB)

9. Laporan tindak lanjut hasil survey